All My Love Is For You – SNSD Lyrics & Listen

Minggu, 09 September 2012

Cara Menghapus Isi Sel pada Ms. Exel

Untuk menghapus isi sel, pilih sel kemudian tekan tombol Delete atau Backspace .
Ketika kita menghapus isi sel dengan tombol Delete atau Backspace, Ms. Exel hanya akan menghapus isi sel tsb tanpa menghapus format sel .


Sumber : http://alfiyya-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/cara-menghapus-isi-sel-pada-ms-exel.html

Macam - Macam Aplikasi Internet

Saat ini aplikasi internet yang tersedia sudah banyak dan akan terus bertambah seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi informasi. Di bawah ini adalah berbagai aplikasi internet.


  1. World Wide Web (WWW). WWW adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di server-server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web dibuat dengan menggunakan format HTML.
  2. E-Mail. E-Mail atau surat elektronik adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat-menyurat dalam bentuk elektronik. Adapun situs yang memberikan layanan e-mail seperti yahoo!, Gmail, bolehmail dan masih banyak lagi.
  3. Mailing List. Mailing list atau Milis adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail.
  4. Newsgroup. Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Biasanya, anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu.
  5. Internet Relay Chat. IRC adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet. Bercakap-cakap di internet dikenal dengan istilah chatting.
  6. File Transfer Protocol. FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari komputer lain. FTP biasa digunakan untuk download dan upload file.
  7. Telnet.Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan jika kita mempunyai IP Address dengan User ID and Password ke komputer tersebut.
  8. Gopher. Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun, informasi yang didapat hanya terbatas pada teks saja.
  9. Ping. Ping adalah Packet Internet Gopher yang digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer lain di internet.
Demikian berbagai aplikasi yang ada di internet dan mungkin masih banyak yang lainnya.

Sumber : http://alfiyya-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/macam-macam-aplikasi-internet_21.html

Sabtu, 08 September 2012

Penyuntingan

Ketika proses pengetikan sedang berlangsung, kita dapat menggunakan beberapa tombol keyboard berikut ini untuk menyunting teks yang sedang diketik :

~Backspace
Digunakan untuk menghapus satu karakter di sebelah kiri kursor

~Delete
Digunakan untuk menghapus satu karakter ke sebelah kana kursor

~Insert
Digunakan untuk menyisipkan karakrer baru di antara dua karakter yang telah diketik.




Memindahkan Posisi Kursor Menggunakan Keyboard



Home = Memindahkan kursor ke awal baris.
End = Memindahkan kursor ke akhir baris.
PgDn = Memindahkan kursor satu layar ke bawah.
PgUp = Memindahkan kursor satu layar ke atas.
Ctrl + Home = Memindahkan kursor ke awal dokumen.
Ctrl + End = Memindahkan kursor ke akhir dokumen.
Ctrl + PgDn = Memindahkan kursor ke dasar layar.
Ctrl + PgUp = Memindahkan kursor ke puncak layar.
Shift + F5 = Memindahkan kursor ke tempat sebelumnya.



 Memindahkan Teks Mengunakan Keyboad


•Memilih teks
Tempatkan kursor pada posisi awal teks. Tekan dan tahan tombol Shift, tekan tombol panah melewati teks yang akan di pilih.
•Memilih teks sampai akhir baris
Tempatkan kursor pada posisi awal teks yang akn di pilih, kemudian tekan tombol Shift + End.
•Memilih teks sampai awal baris
Tempatkan kursor pada posisi akhir teks yang akn di pilih, kemudian tekan tombol Shift + Home.
•Melepaskan pilihan
Tekan salah satu tombol panah.

Memilih Teks Menggunakan Mouse


1. Memilih satu kata : Klik dua kali pada kata yang dipilih.
2. Memilih satu kalimat : Tekan dan tahan tombol Ctrl, klik pada kalimat yang dipilih.
3. Memilih satu paragraf : Klik tiga kali pada paragraf yang kita pilih.
4. Memilih satu atau beberapa baris teks : Klik pada selection bar dari baris yang dipilih. Geser (drag) pada selection bar untuk memilih beberapa baris. (Selection bar adalah daerah kosong di sebelah kiri daerah pengetikan).
5. Memilih seluruh dokumen : Klik tiga kali pada selection bar.
6. Melepaskan pilihan : Klik di sembarang tempat di dalam jendela dokumen.  

Sumber : http://afifahnadya-ixd-smpn15bdg.blogspot.com/
 

Tipe Kecepatan Internet melalui Handphone

Pembahasan yang lalu mengenai berbagai koneksi internet yang tersedia saat ini, dan untuk koneksi melalui handphone masih terdapat beberapa tipe dan kecepatan. Karena jaman sekarang hampir semua exmud [ exclusive muda ] memiliki smartphone yang terhubung ke internet. Hal ini membuat mereka yang aktif dapat selalu up to date terhadap berita, email, live chat,  update price untuk broker, update kegiatan melalui twiter, update facebook dan lain-lain.
Untuk kecepatan koneksi di handphone GSM :



  • GPRS = General Packet Radio Service. Layanan tambahan dari GSM network dalam rangka peningkatan kecepatan akses data dari maksimum 9,6 kbps menjadi maksimum 56 kbps. Jangan lupa istilah “kecepatan maksimum” ya. Yang artinya kalo dia menduduki satu TRX sendirian, maka kecepatannya bisa “segitu”. Tapi begitu harus berbagi, maka “segitu” tadi harus dibagi dengan tetangga pengguna. Semakin banyak pengguna, semakin sedikit jatah kita.
  • EDGE = Enhanced Data rates for GSM Evolution. Teknologi peningkatan dari GPRS yang sering disebut 2,75G. Di teknologi EDGE ini kecepatan maksimum data rates bertambah menjadi 236 kbps. Kondisi ini tercapai kalo kita hanya sendirian menduduki satu TRX di BTS itu ya.
  • UMTS = Universal Mobile Tele Services. Adalah nama standard sistem telekomunikasi. UMTS menjanjikan standard pelayanan telekomunikasi bergerak (voice dan sms) serta data bearer yang lebih mutakhir dari sisi kecepatan, protokol dan koneksi. UMTS mensyaratkan data bearer speed 144 kbps (satelit dan rural jarak jauh), 384 kbps di pemukiman dan 2 Mbps di indor dan rural jarak dekat. 3G = Third Generation. Adalah implementasi UMTS di lapangan. Menjanjikan kecepatan data sebesar 384 kbps maksimum downlink (64 kbps uplink) disamping standar pelayanan voice dan sms.
  • HSDPA = High Speed Downlink Packet Access. Sering disebut 3,5G karena kemampuan downlink yang lebih tinggi dari 3G yaitu hingga 1,8 Mbps (upload 384 kbps). Namun kecepatan data setinggi ini terpaksa dilakukan dengan mengorbankan coverage signal yang jauh lebih pendek dari normalnya coverage GSM. Kecepatan HSDPA 3.5 G adalah sebesar  3,6 Mbps downlink speed, dan 384 kbps uplink speed. Dan ada yang hingga 7,2 Mbps.
  • HSPA = High Speed Packet Access. HSDPA Fhase 2, yaitu kecepatan untuk uplink ditambah atau HSUPA [ high speed uplink packet access ] . Beberapa sistem membutuhkan HSUPA, misal network server di central office yang melayani banyak cabang di lain tempat dengan wireless, maka paling cocok koneksi di sisi itu adalah HSUPA. kecepatan download data (DownLink Speed) juga ditingkatkan menjadi  14.4 Mbps dan kecepatan up load data (UpLink Speed) hingga 1.4 Mbps. [ Tertinggi saat ini September 2009 ]
Untuk kecepatan tipe CDMA :
  • Beberapa tahun belakangan ini terjadi perdebatan di dunia per-telekomunikasi-an sejak kehadiran teknologi CDMA sebagai solusi tandingan dari teknologi GSM. Walaupun saat ini perangkat CDMA yang digelar di tanah air baru berupa CDMA-2000-1x, namun gaung yang terdengar di masyarakat bahwa CDMA adalah 3G. Hal ini bukan tanpa sebab, karena masyarakat selama ini sudah akrab dengan telepon genggam GSM/GPRS yang notabene adalah 2G/2.5G. Sehingga cukup beralasan jika teknologi CDMA yang muncul belakangan di anggap sebagai 3G. Pelaku bisnis CDMA termasuk operator dan pabrik pembuat juga gencar melakukan promosi 3G yang sah-sah saja untuk merebut pasar telepon seluler yang ramai ini.
  • CDMA 2000 1x masih merupakan teknologi alternatif dari GSM dan GPRS yang dikenal dengan teknologi 2G/2.5G.  Awalnya dikenalkan teknologi CDMA one yang banyak dimanfaatkan sebagai ‘fix wireless’. Kemudian seiring dengan perkembangan pasar seluler yang menggiurkan namun di sisi lain ada keterbatasan bandwith GSM, maka dikenalkanlah ke masyarakat telepon selular berbasis CDMA 2000 1x. Operator-operator selular baru muncul di Indonesia mengusung teknologi ini yang promosinya mulai gencar satu tahun belakangan sejak tahun 2004 dengan tarifnya sangat bersaing. Memang pada kenyataannya secara teoritis selain untuk komunikasi suara, kecepatan data (bit-rate) CDMA 2000 1x bisa mengungguli GSM/GPRS (lihat grafik). Kecepatan ini sudah cukup misalnya untuk aplikasi video streaming.
  • Dari kecepatan CDMA200 terbagi lagi ke beberapa tipe :
  • CDMA2000 1xRTT – Spesifikasi 1xRTT dikembangkan oleh Third Generation Partnership Project 2 (3GPP2), sebuah kerjasama yang terdiri dari lima badan standard telekomunikasi: CWTS di China, ARIB dan TTC di Jepang, TTA di Korea dan TIA di Amerika Utara. CDMA2000 1xRTT menawarkan layanan dengan kecepatan hingga 153 kbps dalam rentang spektrum yang kecil (1,25 MHz per carrier).
  • CDMA2000 1xEV-DO – 1xEV-DO, juga dikenal dengan 1X-EV Phase One, adalah sebuah peningkatan dengan meletakkan suara dan data pada kanal yang terpisah guna menyediakan pengiriman data pada kecepatan 2.4 Mbit/s.
  • CDMA2000 1xEV-DV -EV-DV, atau 1X-EV Phase Two menjanjikan kecepatan data berkisar dari 3Mbps hingga 5Mbps. Hingga kini telah ada 8 proposal yang dikirim ke komite standar 3GPP2 untuk rancangan EV-DV.
  • CDMA2000 3xRTT – 3xRTT adalah sebuah standar IMT-2000 (3G) yang disetujui ITU. Ia adalah bagian dari apa yang disebut ITU sebagai IMT-2000 CDMA MC. Ia menggunakan spektrum 5 MHz untuk memberikan kecepatan data berkisar antara 2 hingga 4 Mbps.
  • Pada Revisi 0 kecepatan downlink 2,4 Mbps dan uplink 153 kbps, sedangkan CDMA2000 1x kecepatan donwlink dan uplink hanya 153 kbps. Teknologi terakhir ini yang masih digunakan keempat operator CDMA di Indonesia, sementara mereka baru akan meningkatkan kemampuan menjadi CDMAa2000 1xEV-DO
  • Teknologi yang disebut dengan CDMA2000 1xEV-DO Revision B ini mampu melakukan transmisi data maksimal sampai 73,5 Mbps. Kemampuan ini kira-kira mampu mentransfer data pada sebuah CD-ROM yang berkapasitas sekitar 650 megabit (Mb) dalam waktu kurang dari sembilan detik melalui udara. Kecepatan ini dapat dari berita Bakrie news http://www.bakrie-brothers.com/news.php?id=3653
2G : 2nd Generation
3G : 3rd Generation
CDMA : Code Division Multiple Access
EVDV : Evolution Data Video
EVDO : Evolution Data Only
TDMA : Time Division Multiple Access
W-CDMA: Wideband – CDMA
GSM : Global System for Mobile
GPRS : General Packet Radio Service
EDGE : Enhanced Data Rate for GSM Evolution
UMTS : Universal Mobile Telecommunication System
HSDPA : Highspeed Downlink Packet Access
HSPA : High Speed Packet Access
 
Sumber :http://surya-9d-smp15bdg.blogspot.com/2012/08/tipe-kecepatan-internet-melalui.html

Operasi Dasar Komputer

Komputer yang digunakan saat ini dibangun berdasarkan teknologi elektronika digital, sehingga disebut komputer digital. Pengertian teknologi digital tidak dibahas lebih lanjut pada tingkat SMA. Secara sistematis, komputer harus dipandang sebagai kesatuan dari:
1.Brainware (Pengguna Komputer)
2.Hardware (Perangkat Keras)
3.Software (Perangkat Lunak)
1.Brainware
Brainware adalah setiap orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer/ sistem pengolahan data. Brainware merupakan sumber inspirasi utama bagi terbentuknya suatu sistem komputer.
Menurut tingkat pemanfaatan terhadap komputer, Brainware digolongkan dalam empat tingkatan dimulai dari tingkatan yang tertinggi:
-.System Analyst: Penanggung jawab dan perencana sistem dari sebuah proyek pembangunan sebuah sistem informasi khususnya yang memanfaatkan komputer
-.Programmer : Pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang
-.Administrator : Seseorang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem/jaringan komputer
Operator : Pengguna biasa, hanya memanfaatkan sistem komputer yang sudah ada
2.Hardware
Perangkat Keras dapat didefinisikan sebagai peralatan dalam sistem komputer yang dapat dilihat dan dapat dijamah secara fisik. Secara fungsional, perangkat keras dapat digolongkan sebagai berikut:
-.Perangkat Input
Digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer sesuai dengan format yang diijinkan komputer untuk kemudian diolah ke dalam media pemroses. Contoh: Keyboard, mouse, bar-code reader, floppy-disk drive, CD-ROM drive, USB drive dll
-.Perangkat Output
Digunakan untuk mengeluarkan hasil pengolahan data dari media pemroses ke dalam bentuk dan format yang bermacam-macam sesuai dengan keinginan manusia. Contoh: Printer, monitor, plotter, proyektor-LCD dll.
-.Penyimpan Data (Storage Media)
Digunakan untuk menyimpan data hasil pengolahan, Secara umum media penyimpan atau memori dapat dibagi menjadi dua;
 Random Access Memory (RAM)
Adalah media penyimpan yang bersifat non-permanen, data dan proses yang sedang dikerjakan akan disimpan ke dalam RAM selama komputer aktif (hidup), setelah komputer dimatikan (daya listrik dicabut), data dan proses akan terhapus. Kapasitas RAM harus mampu mengimbangi kinerja prosesor, bila kapasitas RAM kecil sedangkan proses yang dikerjakan banyak, maka RAM akan cepat penuh, prosesor akan berhenti bekerja dan tidak dapat melakukan proses apa pun, keadaan ini biasa dikenal dengan istilah hang.
3.Harddisk
Software
 Merupakan sebuah program yang berfungsi untuk mengolah segala proses dan mengelola program-program di dalam komputer.
Sumber : http://9a-ikramsakinah.blogspot.com/2011/11/operasi-dasar-komputer_30.html

Perangkat Keras Komputer

A. Perangkat Keras dan Fungsinya
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :


1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)


Komponen dasar komputer yang terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.


Sumber : http://azmi-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/perangkat-keras-komputer.html

Topologi Bus

Topologi ini adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator. Topologi ini sudah sangat jarang digunakan didalam membangun jaringan komputer biasa karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya kemungkinan terjadi nya tabrakan aliran data, jika salah satu perangkat putus atau terjadi kerusakan pada satu bagian komputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsi sebelum kerusakan tersebut di atasi.
gambar topologi busTopologi ini awalnya menggunakan kable Coaxial sebagai media pengantar data dan informasi. Tapi pada saat ini topologi ini di dalam membangun jaringan komputer dengan menggunakan kabal serat optik ( fiber optic) akan tetapi digabungkan dengan topologi jaringan yang lain untuk memaksimalkan performanya.

Topologi ini adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator. Topologi ini sudah sangat jarang digunakan didalam membangun jaringan komputer biasa karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya kemungkinan terjadi nya tabrakan aliran data, jika salah satu perangkat putus atau terjadi kerusakan pada satu bagian komputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsi sebelum kerusakan tersebut di atasi.
gambar topologi bus
Topologi ini awalnya menggunakan kable Coaxial sebagai media pengantar data dan informasi. Tapi pada saat ini topologi ini di dalam membangun jaringan komputer dengan menggunakan kabal serat optik ( fiber optic) akan tetapi digabungkan dengan topologi jaringan yang lain untuk memaksimalkan performanya.

Sumber : http://azmi-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/topologi-bus.html

Mengenal Microsoft Word

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

Sejarah
1981-1990


Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil.


Sumber :http://azmi-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/mengenal-microsoft-word.html

Memulai Microsoft Word

Start --» Program --» (Microsoft Office) --» Microsoft Word

Screen Layout atau tampilan, adalah sebuah tampilan yang ditunjukkan
komputer pada saat Anda mengoperasikan program ini.
Tampilannya seperti gambar dibawah ini :


-.Microsoft Word
Pada bagian Baris Judul, kita dapat melihat nama file yang sedang kita buka.

-.Menu
Di dalam menu, terdapat beberapa perintah yang dapat kita pilih dengan menyorot perintah tersebut pada baris menu


Sumber : http://azmi-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/memulai-microsoft-word.html

Pengenalan Area Microsoft Word

A. PENDAHULUAN
Microsoft Word (MS Word) merupakan program pengolah kata yang banyak dipakai saat ini dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya, seperti WordStar, AmiPro, WordPerfect dan lain-lain. Hal ini dipengaruhi oleh faktor fasilitas yang disediakan, kemudahan dalam menggunakan, hasil yang diperoleh, tampilan yang menarik dan lain sebagainya.
Microsoft Word 2007, selanjutnya disebut Word 2007 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perubahan dan perbaikan diberbagai bagian sehingga menyediakan fleksibilitas yang lebih tinggi dan menyediakan fasilitas penuh terhadap akses internet dari setiap program aplikasinya. Kemampuan dalam membuat tabel, menyisipkan program lain ke program Word 2007 dan fasilitas lainnya akan di bahas lebih lanjut.


B. MEMULAI MS WORD 2007
 Word 2007 baru dapat dijalankan apabila system operasi windows telah kita aktifkan. Langkah-langkah memulai bekerja dengan Word 2007 sebagai berikut :
1. Aktifkan Komputer
2. Klik tombol Start yang ada pada taskbar
3. Muncul sejumlah menu, pilih All Programs
4. Klik Microsoft Office
5. Klik Microsoft Word 2007
6. Tunggu hingga tampil layar Microsoft Word 2007 yang masih kosong. (Lihat gambar 2)
7. Microsoft Word 2007 siap untuk digunakan.
8. Klik Microsoft Office


Sumber : http://azmi-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/pengenalan-area-microsoft-word.html

Menggunakan Microsoft Word

1.Membuat huruf yang berjarak-jarak yang terdapat di ms.word
 contoh:
Belajar
caranya : block tulisan belajar kemudian pilih font/ctrl+D kemudian pilih spacing dan klik expanded kemudian pilh yang ada di sebelahnya dengan tulisan BY kemudian pilih ukuran jaraknya dengan menuliskan 6pt lalu klik ok

2.Memberi symbol di dalam ms.word
 contoh:
β
Jika di ms.word 2007 pilih insert kemudian klik symbol kemudian cari symbol seperti di atas

3.Memberi huruf besar pada awal kalimat seperti yang ada di koran dengan menggunakan drop cap
caranya
block huruf yang ada di awal kalimat tersebut,lalu kita pilih dropcap , jika di word 2003 kita pilih format kemudian dropcap ,jika word 2007 kita pilih insert lalu drop cap kemudian pilih ok

4.Menipiskan tulisan yang ada di dalam kalimat
 contoh:
mendapatkan
caranya : block tulisan mendapatkan lalu pilih font/ctrl+D lalu pilih spacing. klik kondensed lalu pilih BY yang ada di sampingnya kemudian pilih ukuran 1.5pt lalu klik ok

5.Membuat satu huruf naik keatas tampa menaikan huruf yang lain
contoh:
Berdiri
jika ingin menaikkan huruf B naik keatas, maka anda harus memblock huruf B kemudian pilih font/ctrl+D,pilih character spacing kemudian pilih position dan klik raised yaitu keatas jika pilih lowered dia akan keatas makanya kita pilih raised agar hurufnya keatas,setelah itu pilih disampingnya BY yaitu berapa tinggi keatasnya huruf yang kita mau misalnya 6 PT lalu klik o
k

Sumber : http://azmi-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/menggunakan-microsoft-word.html

Menggunakan Menu Bar Toolbar Microsoft Word

Menu bar dan toolbar adalah tampilan perintah yang digunakan untuk menjalankan instruksi serta pengaturan pada Microsoft Word. Pada menu bar, perintah-perintah ditampilkan dalam bentuk tombol teks atau dikenal dengan istilah pulldown menu, sedangkan pada toolbar, tampilan perintahnya berbentuk tombol icon / shortcut.
1.1. Menu Bar
Menu bar terdiri dari deretan menu File hingga Help, yang masing-masing memiliki submenu atau daftar menu.
Daftar menu ini fungsinya adalah untuk menjalankan instruksi serta pengaturan dalam melakukan pekerjaan dokumen.


Gambar 2.7 : Menu BarUntuk membuka menu bar, lakukan salah satu langkah berikut ini :
1. Dengan meng-click tombol menu yang dikehendaki, atau...
2. Dengan menekan tombol Alt yang dikombinasikan dengan huruf yang bergaris bawah pada setiap menu yang dikehendaki. Misalnya, untuk membuka menu File, tekan tombol [Alt+F], untuk membuka menu Format, tekan tombol [Alt+O] dan seterusnya.1.1.1. Menu File
Berisi perintah-perintah standar yang berlaku untuk seluruh dokumen, terdiri dari :
1 New... Ctrl+N Untuk membuka lembar kerja baru
2 Open... Ctrl+O Untuk membuka berkas dokumen
3 Close... Untuk menutup berkas yang sedang dibuat
4 Save Ctrl+S Untuk menyimpan berkas yang dibuat
5 Save As... Untuk menyimpan berkas dengan nama baru
6 Save As Web Page... Untuk menyimpan berkas dengan format halaman web, sehingga dapat ditampilkan di Web browser
7 Versions... Untuk menampilkan tanggal dan waktu masing-masing versi yang disimpan
8 Web Page Preview Untuk menampilkan area kerja seperti halaman web
9 Page Setup... Untuk menentukan pengaturan halamsan berkas yang dibuat
10 Print Preview Untuk melihat tampilan berkas sebelum dicetak
11 Print... Ctrl+P Untuk mencetak berkas yang dibuat ke dalam media kertas
12 Send To  Untuk mengirim berkas pada tujuan yang ditentukan
13 Properties Untuk mengetahui properti (kandungan) berkas yang sedang dikerjakan
14 Exit Keluar program Microsoft Word1.1.2. Menu Edit
Berisi perintah-perintah pengeditan, terdiri dari :
14 Undo Ctrl+Z Untuk membatalkan perintah terakhir
15 Repeat Ctrl+Y Untuk mengulangi perintah terakhir
16 Cut... Ctrl+X Untuk memotong / menghilangkan objek dan merekamnya ke dalam clipboard
17 Copy... Ctrl+C Untuk menyalin objek ke dalam clipboard
18 Paste Ctrl+V Untuk menampilkan objek yang terekam di clipboard
19 Paste Special Untuk menampilakan objek yang terekam di clipboard dengan kriteria tertentu
20 Paste as Hyperlink Untuk menampilakan objek yang terekam di clipboard namun tetapi berhubungan walaupun berada di tempat yang berbeda
21 Clear Del Untuk menghilangkan / menghapus objek secara permanen
22 Select All... Ctrl+A Untuk melakukan selecting seluruh halaman kerja
23 Find... Ctrl+F Untuk melakukan pencarian kata/kalimat dalam berkas
24 Replace... Ctrl+H Untuk menempatkan teks yang ada di dokumen
25 Go to Ctrl+G Untuk menuju pada halaman tertentu dalam dokumen
26 Links... Untuk mengadakan hubungan
27 Object Untuk mengedit objek 1.1.3. Menu View
Berisi perintah pengaturan tampilan menu-menu aplikasi, terdiri dari :
28 Nomal Menjadikan tampilan normal pada area kerja
29 Web Layout Menjadikan tampilan area kerja dengan tata letak Web
30 Print Layout Menjadikan tampilan area kerja dengan tata letak cetak
31 Outline Menjadikan tampilan outline pada area kerja
32 Toolbars  Untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar yang dikehendaki
33 Ruler Untuk menampilkan atau menyembunyikan mistar pada area kerja
34 Dokumen Map Untuk menentukan pada posisi mana pekerjaan yang sedang berlangsung
35 Header and Footer Untuk membuat Header dan Footer pada berkas
36 Footnotes Untuk membuat catatan kaki
37 Comments Untuk membuat catatan komentar pada kata / kalimat dalam berkas lembar kerja
38 Full Screen Untuk membuat tampilan lembar kerja satu layar penuh
39 Zoom... Untuk membuat besar / kecil tampilan lembar kerja sesuai yang dikehendaki.
2.1.4. Menu Insert
Berisi perintah-perintah untuk melakukan penyisipan, terdiri dari :
40 Break... Untuk melakukan penyisipan halaman, kolom atau teks
41 Page Numbers... Untuk menyisipkan nomor halaman
42 Date and Time... Untuk menyisipkan tanggal dan waktu
43 AutoText  Untuk menyisipkan teks yang sudah diatur sebelumnya secara otomatis
44 Field... Untuk melakukan penyisipan field
45 Symbol... Untuk melakukan penyisipan simbol-simbol
46 Comment Untuk menyisipkan catatan komentar pada kata / kalimat dalam berkas lembar kerja
47 Footnote... Untuk menyisipakan catatan kaki
48 Caption... Untuk menambahkan caption pada tabel, gambar, persamaan dan lain-lain.
49 Cross-reference... Untuk melakukan pengaturan referesi silang
50 Index and Tables... Untuk membuat indeks serta tabel
51 Picture  Untuk menyisipakan gambar
52 Textbox Untuk menyisipakan teks box
53 File... Untuk menyisipakan berkas
54 Object Untuk menyisipakan objek (grafik/gambar)
55 Bookmark Untuk menyisipakan bookmark
56 Hyperlink... Ctrl+K Menyisipakan link untuk membuat, membuka, mengetikkan sebuah dokumen atau berpindah ke dokumen lain yang tersimpan dalam harddisk, network server, intranet atau internet.1.1.5. Menu Format
Berisi perintah-perintah untuk melakukan pengaturan teks, layout dan lain lain, terdiri dari :
57 Font... Untuk mengatur jenis huruf yang dikehendaki
58 Paraghraph... Untuk melakukan pengaturan paragraf
59 Bullets and Numbering... Untuk mengatur bullet dan penomoran
60 Borders and Shading... Untuk melakukan pengaturan border (garis bingkai) serta bayangan pada kata ataupun berkas
61 Columns... Untuk melakukan pengaturan jenis kolok pada berkas
62 Tab... Untuk melakukan pengaturan pemberhentian tab
63 Drop Cap... Untuk melakukan pengaturan Drop Cap
64 Text Direction... Untuk melakukan pengaturan orientasi teks pada teks box
65 Change Case... Untuk melakukan pengaturan Change Case, (Sentence Case, Lowerancecase, UPPERCASE, Title Case, tOGGLE cASE)
66 Background  Untuk mengatur latar belakang area kerja dengan tampilan tata letak Web
67 Theme... Untuk melakukan pengaturan tampilan area kerja berdasarkan tema
68 Frames Untuk membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya di frame sebelah kiri pada halaman frame
69 AutoFormat... Untuk mengatur tampilan format : Dokumen biasa, format surat atau e-mail.
70 Style... Untuk mengatur gaya tampilan dokumen
71 Object Untuk melakukan format objek 1.1.6. Menu Tools
Berisi perintah-perintah untuk melakukan pengaturan menu, pemeriksaan ejaan dan pemilihan bahasa, terdiri dari :
72 Spelling and Grammar... F7 Untuk melakukan pemeriksaan ejaan serta susunan kalimat
73 Language  Untuk memilih pengaturan bahasa yang dikehendaki
74 Word Count... Untuk mengetahui perhitungan jumlah halaman, kata, karakter, paragraf serta baris dalam dokumen
75 AutoSumarize... Untuk merangkum point-point tertentu secara otomatis dalam dokumen
76 AutoCorrect... Untuk melakukan pengaturan otomatisasi perintah pengetikan dan ejaan.
77 Track Changes... Untuk menandai track yang berubah, menerima atau menolak perubahan, dan untuk membandingakan dokumen
78 Merge Documents... Untuk melakukan penggabungan dokumen
79 Protect Documents... Untuk melakukan perlindungan dokumen supaya aman dari pengubahan pengguna lain
80 Online Collaboration Untuk keperluan meeting, baik mengenai undangan maupun membuat daftar peserta meeting.
81 Mail Merge Untuk membuat serta gabung
82 Envelopes and Labels... Untuk membuat macam-macam bentuk amplop dan label
83 Letter Wizard... Panduan baku untuk pembuatan model-model surat resmi
84 Macro  Untuk membuat file Macro
85 Templates an Add-Ins Adalah jenis dokumen khusus yang menyediakan tool dasar dan teks untuk membentuk dokumen akhir
86 Customize... Untuk melakukan pengaturan pilihan atau tampilan toolbar yang dikehendaki
87 Options... Untuk melakukan pengaturan pilihan atau tampilan umum pada area kerja.1.1.7. Menu Table
Berisi perintah-perintah untuk melakukan pengaturan tabel, terdiri dari :
88 Draw Table Untuk menggambar tabel
89 Insert  Untuk melakukan penyisipan tabel, kolom, baris atau sel
90 Delete  Untuk menghapus tabel, kolom, baris atau sel
91 Select  Untuk melakukan selecting tabel, kolom, baris atau sel
92 Merge Cells Untuk melakukan penggabungan sel yang ada pada tabel
93 Split Cells... Untuk melakukan pembagian sel kolom menjadi beberapa sel kolom yang lebih kecil
94 Split Table Untuk memisahkan baris tabel
95 Table AutoFormat... Untuk membuat format tampilan tabel secara otomatis
96 AutoFit  Untuk menyesuaikan lembar kolom atau lembar window dalam tabel secara otomatis.
97 Heading Rows Repeat Menunjuk baris terpilih untuk dijadikan heading tabel yang diulang yang diulang pada halaman selanjutnya jika tabel lebih dari satu halaman.
98 Convert  Untuk melakukan konvertasi/perubahan format teks menjadi tabel atau sebaliknya
99 Sort... Untuk melakukan pengurutan data
100 Formula... Untuk melakukan perhitungan matematis
101 Show Gridlines Untuk menampilkan garis bantu tabel
102 Table Properties... Untuk mengetahui properti (kandungan) tabel.1.1.8. Menu Windows
Berisi fasilitas untuk membuka beberapa jendela dokumen dan berpindah antar dokumen, terdiri dari :
103 New Window Untuk membuka tampilan window baru dengan nama file yang sama
104 Arrange All Untuk mengatur posisi window Microsoft Word yang sudah terbuka
105 Split Untuk memecah tampilan window dokumen.1.1.9. Menu Help
Berisi fasilitas bantuan/petunjuk penggunaan Microsoft Word secara interaktif, terdiri dari :
106 Microsoft Word Help F1 Office Assistant memperlengkapi topik Help dan tips untuk menolong menyelesaikan tugas-tugas.
107 Show the Office Assistant Untuk menampilkan atau menyembunyikan Office Assistant
108 What’s This? Shift+F1 Untuk meminta penjelasan mengenai icon-icon yang ada
109 Office on the Web Untuk mengadakan hubungan dengan Microsoft Office melalui situs internet
110 Detect and Repair... Untuk mencari dan memperbaiki kerusakan program secara otomatis
111 About Microsoft Word Menampilkan informasi mengenai Program Microsoft Word.1.2. Toolbar
Bagian ini berisi tombol-tombol bergambar ( shortcut icon ) yang memiliki fungsi tersendiri. Dalam Microsoft Word sedikitnya terdapat tiga toolbar utama, yaitu : Standar toolbar, Formating toolbar, dan Drawing toolbar.
 Standar toolbar
Standar toolbar berisi perintah pokok yang berhubungan dengan dokumen secara menyeluruh.
Gambar 2.8 : Standar toolbar
Shortcut icon yang terdapat pada standar toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut:
New Blank Document, Untuk menampilkan lembar kerja baru
Open, Untuk membuka berkas dokumen
Save, Untuk menyimpan berkas dokumen yang sedang dibuat
E-mail, Untuk mengirim isi dari dokumen sebagai pesan e-mail
Print, Untuk mencetak berkas dokumen
Print Preview, Untuk melihat hasil berkas dokumen sebelum dicetak
Spelling and Grammer, Untuk melakukan pemeriksaan ejaan serta susunan kalimat
Cut, Untuk memotong / menghilangkan objek dan merekamnya ke dalam clipboard
Copy, Untuk menyalin objek ke dalam clipboard
Paste, Untuk menampilkan objek yang terekam di clipboard
Format Painter, Untuk menyalin format objek atau teks
Undo, Untuk membatalkan perintah terakhir
Redo, Untuk kembali pada perintah terakhir
Insert Hyperlink, Menyisipakan link untuk membuat, membuka, mengetikkan sebuah dokumen atau berpindah ke dokumen lain
Tables and Borders, Untuk menampilkan atau menyembunyikan toolbar tabel-border
Insert Table, Untuk menyisipkan tabel
Insert Excel Worksheet, Untuk menyisipkan lembar kerja Microsoft Excel
Columns, Untuk melakukan pengaturan kolom koran
Drawing, Untuk menampilkan atau menyembunyikan menu Drawing
Document Map, Untuk menentukan pada posisi mana pekerjaan yang sedang berlangsung
Show/Hide, Untuk menampilkan atau menyembunyikan karakter-karakter yang tidak dicetak dan teks yang tersembunyi.
Zoom, Untuk memperbesar atau memperkecil tampilan are kerja
  Microsoft Word Help, Untuk meminta bantuan secara .

  Formating toolbarFormating toolbar berisi semua perintah yang berhubungan dengan pengolahan teks pada dokumen aktif.

Gambar 2.9 : Formatting toolbar
Shortcut icon yang terdapat pada Formating toolbar dapat dimanfaatkan sesuai fungsinya, dengan memilih salah satu tombol berikut:
Style, Untuk memilih gaya pada paragraf
Font, Untuk menentukan jenis huruf
Font Size, Untuk menentukan ukuran huruf
Bold, Untuk membuat huruf atau teks cetak tebal
Italic, Untuk membuat huruf atau teks cetak miring
Underline, Untuk membuat garis bawah
Align Left, Untuk membuat teks atau paragraf rata kiri
Center, Untuk membuat teks atau paragraf pada posisi center
Align Right, Untuk membuat teks atau paragraf rata kanan
Justify, Untuk membuat teks atau paragraf rata kiri dan kanan
Numbering, Untuk membuat penomoran pada teks atau paragraf
Bullets, Untuk membuat penandaan pada teks atau paragraf
Decrease Indent, Untuk menggeser left indent ke arah kiri
Increase Indent, Untuk menggeser left indent ke arah kanan
Outside Border, Untuk menampilakan/menyembunykan batas garis
Highlight (Teal), Untuk membuat penandaan pada teks
Font Color, Untuk mengatur warna pada huruf

Sumber :http://azmi-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/menggunakan-menu-bar-toolbar-microsoft.html

Langkah-Langkah Menggunakan MS.EXCEL

Mempercantik Grafik
Buat data keuangan Anda tampil lebih menarik, lalu masukkan ke dokumen lain.

Data keuangan selalu berisi angka-angka dan biasanya membosankan. Nah, agar tetap enak dibaca, data tersebut bisa Anda ubah menjadi grafik. Tak hanya itu, grafik itu pun kemudian bisa dipermenarik lagi. Jika sudah jadi, grafik itu pun bisa ditempelkan ke dokumen pada aplikasi lain.


LANGKAH 1
Buka Microsoft Excel. Kemudian masukkan data-data angka dan teks ke dalam area kerja yang ada.


LANGKAH 2
Jika sudah, untuk mengubah data-data angka dan teks tadi menjadi grafik, blok semua data dengan bantuan pointer, lalu klik [Insert] [Chart...].


LANGKAH 3
Pada boks dialog yang muncul, pilih jenis grafik pada "Chart type". Tentukan model grafiknya pada "Chart sub-type", lalu klik [Next]. Selanjutnya pilih jenis data yang ingin ditampilkan pada sumbu vertikal (x) dan klik [Next].


LANGKAH 4
Pada boks berikutnya, klik tab [Titles]. Pada kotak "Chart title", beri judul untuk grafik. Berikan keterangan untuk setiap sumbu grafik pada kotak "Categori (X) axis" dan "Value (Z) axis". Pada tab lainnya, Anda bisa mengatur setting tampilan grafik. Klik [Next] sesudahnya.


LANGKAH 5
Pada jendela "Place chart:", pilih saja "As new sheet:", lalu beri nama worksheet tersebut di kotak isian sampingnya. Klik [Finish] untuk menyudahi wizard. Grafik baru akan muncul di layar kerja baru.


LANGKAH 6
Jika posisi dan angle grafik kurang memuaskan, atur saja posisinya. Klik-kanan grafik, lalu pilih [3-D View...]. Pada boks dialog yang muncul, atur posisi dan angle lewat kotak isian "Elevation:" dan "Rotation:" atau lewat tombol navigasinya. Jika sudah pas, klik [Apply] [OK].


LANGKAH 7
Bentuk batang grafik juga bisa Anda ubah, dari kotak menjadi tabung atau kerucut. Caranya, klik-dobel batang grafik, lalu pada boks Format Data Series klik tab [Shapes]. Pilih bentuk pada menu "Column shapes".


LANGKAH 8
Anda ingin mengganti warna batang grafik? Gampang saja. Klik tab [Pattern] dan pilihlah warna dari palet warna yang tersedia.


LANGKAH 9
Mengganti batang grafik dengan foto pun bisa kita lakukan. Tinggal klik tab [Pattern], lalu klik [Fill Effects...] [Picture] [Select Picture...]. Cari dan klik file gambar dan klik [Insert].


LANGKAH 10
Pada boks dialog Fill Effects, pada menu "Format", pilih [Stack]. Lalu pada menu "Apply to", Anda bisa mencentang semua pilihan jika gambar ingin ditampilkan di semua sisi batang. Klik [OK] [OK] sesudahnya.


LANGKAH 11
Latar belakang batang grafik juga bisa Anda isi gambar. Klik-dobel latar, lalu lakukan langkah yang sama dengan Langkah 9 dan 10.


LANGKAH 12
Jika Anda ingin menghilangkan garis-garis pada latar, klik-kanan di luar area grafik dan pilih [Chart Options...] [Gridlines]. Hilangkan centang pada [Major Gridlines] [OK].


LANGKAH 13
Ingin memindahkan grafik ke dokumen lain? Klik bagian terluar grafik, hingga muncul titik-titik pada keempat sudutnya. Tekan [Ctrl] + [C] untuk melakukan copy. Buka dokumen lain, misalnya dokumen PowerPoint. Klik [Edit] [Paste], maka grafik pun akan muncul pada dokumen tersebut.

Sumber : http://azmi-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/langkah-langkah-menggunakan-msexcel.html

Mengenal Tampilan MS.EXCEL

Pertama sebelum mempelajari Microsoft Excel lebih lanjut kita kenali terlebih dahulu seperti apa penampakan dari program tersebut. Disini saya menggunakan Microsoft Exce 2003.., berikut penampakannya :

  • Baris judul / Title bar : Menampilkan nama program yang sedang digunakan (pada contoh ini Micrososft Excel) dan nama buku kerja (baca : file) yang sedang digarap. Baris judul muncul pada baris paling atas program Windows.
  • Baris menu / Menu bar : Menampilkan daftar menu yang digunakan untuk memasukkan perintah Excel. Klik jenis menu pada daftar menu – sebagai contoh, dengan meng-klik menu Format maka akan tampil semua perintah format.
  • Standard toolbar : Tollbar adalah tombol cepat (shortcuts) – yang terdiri dari tombol- tombol yang sering dipakai (sebagai pengganti memilih beberapa menu) . Toolbar standar terdiri dari perintah Excel seperti save (rekam), opening (buka).
  • Toolbar format / Formatting toolbar : Assistant menempati sedikit ruang pada layar tapi masih memberikan layanan panduan yang diminta. Bila Office Asistant tidak dapat menjawab pertanyaan yang diajukan dan bila anada tersambung ke web, maka jawaban dapat dicari di web.
  • Worksheet window : Tempat pengisian data dan membuat lembar kerja. Anda dapat membuka lebih dari satu window pada waktu bersamaan.
  • Penunjuk sel / cell pointer dan sel aktif : Sel yang disorot. Pada Gambar 4 terletak pada A1. Untuk memilih sel aktif yang diinginkan cukup dengan mengklik atau tombol anak panah ke posisi yang dituju. 
  • Baris rumus / Fomula bar : Menampilkan, mengisi atau memperbaiki data pada sel aktif. Juga menampilkan rumus pada sel yang berisi rumus.
  • Tab worksheet : Anda dapat menyimpan multi sheet pada satu buku kerja. Anda dapat dengan cepat berpindah dari satu sheet ke sheet lain hanya dengan mengklik tab worksheet. Nama sheet dapat diganti sesuai dengan kebutuhan. Buku kerja Excel menyediakan 3 lembar kerja (worksheet).
  • Scroll bar : Terdapat dua jenis yaitu vertikal dan horisontal – anda dapat menggunakannya untuk menggeser lembar kerja.
  • Baris status / Status bar : Menunjukkan pesan dan status.
  • Name box : Menampilkan alamat sel aktif.
     

Membuat Grafik di MS.EXCEL

Ms. Excel merupakan salah satu aplikasi read more yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari. Bahkan tidak hanya anak SMP atau SD saja yang di sekolahnya diajarkan materi Excel, bahkan para pekerja kantor pun dituntut untuk menguasai dan belajar Microsoft Excel. Disini saya kebetulan saya sedang mengerjakan tugas yang membutuhkan bantuan applikasi ini dalam menyelesaikan tugas saya. Memang banyak sih tutorial microsoft excel yang beredar di internet, tetapi saya juga pingin bikin tutorial microsoft excel saya sendiri, siapa tahu juga berguna bagi sobat blogger. Kali ini saya akan berikan tutorial membuat grafik/kurva dengan excel. Kebutuhan membuat grafik bahkan kurva bisa saya lakukan dengan mudah dan akurat dengan Ms. Excel. Berikut mari kita mulai cara membuatnya, see bellow blogger.
Berikut ini kartolocyber sajikan bagaimana cara membuat grafik dengan menggunakan Microsoft excel, merubah data menjadi sebuah grafik, memilih model grafik, seperti grafik batang, grafik lingkaran, dll.
Dalam contoh cara pembuatan grafik ini kami menggunakan Microsoft excel 2003,
 1. Langkah yang paling awal tentunya adalah membuka program Microsoft excel, klik start, all \program, Microsoft office, Microsoft excel.
2. Siapkan sebuah data sederhana saja, untuk kamu sajikan menjadi grafik. Contohnya adalah seperti di bawah ini.
3. Setelah kamu membuat data sederhana seperti di atas, blok lah seluruh data dalam tabel tersebut.
4. setelah kamu blok data dalam tabel tersebut, klik menu insert, Chart.
5. setelah kamu klik menu Chart, maka nanti akan muncul jendel Chart Wizard seperti gambar di bawah ini.
6. setelah muncul jendela seperti di atas, maka kamu tinggal pilih model grafik yang kamu inginkan, pada kolom Chart tipe (Jenis Grafik) sudah tersedia banyak pilihan, mau pilih grafik kolom, yang contohnya seperti gambar di atas, atau grafik Bar, atau grafik garis, atapun grafik lingkaran dan lain-lain.
Dalam contoh pembuatan grafik ini kita pilih saja Chart TIpe Column dan Chart Sub-type yang bermodel dua dimensi.
7. Setelah kamu klik next nanti akan muncul seperti gambar di bawah ini.
Gambar jendela diatas adalah chart wizard pada tahap kedua, pada Series in pada pilihan columns maka grafik akan tapil renggang, tapi jika dalam pilihan Rows maka grafik akan tampak menepel seperti gambar di bawah ini.
Dalam contoh ini kita pake saja pada pilihan columns, kemudian klik Next
8. setelah kamu klik next maka akan tampil jendela seperti di bawah ini.
Kolom Chart Title adalah untuk mengisi Judul Grafik kamu, Category X axis adalah untuk mengisi keterangan pada garis horizontal (dalam hal ini adalah bulan), sedangkan kategori Value (Y) axis untuk mengisi keterangan pada garis vertical (dalam hal ini adalah isian angka nya)
Sebagai contoh kita isi saja judulnya adalah “GRAFIK PERKEMBANGAN PENGUNJUNG” sedangkan category X kita isi “BULAN” dan value Y adalah “JUMLAH”
Sehingga hasilnya seperti ini :
9. setelah diisi semuanya kemudian klik tombol next, maka nanti akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini.
 Klik tombol finish, grafik anda sudah jadi.



Sumber : http://azmi-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/membuat-grafik-di-msexcel.html

Tittle Bar

Tittle bar atau garis judul digunaklan untuk menampilkan nama file yang aktif. pada bagian pojok kanan atas terdapat ikon untuk minimize, maximize, restore, dan close.

Minimize : digunakan untuk menampilkan jendela Ms.Word ke ukuran minimal berbentuk ikon

Maximize : digunakan untuk menampilkan jendela Ms.Word ke ukuran maksimal memenuhi layar

Restore : digunakan untuk menampilkan ukuran jendela Ms.Word yang dapat di atur panjang dan lebarnya sesuai keinginan kita

Close : digunakan untuk menutup atau keluar dari MS.word.


Sumber : http://azmi-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/tittle-bar.html

Menu Bar

Menu bar adalah sebuah wilayah atau aplikasi antarmuka layar di mana drop-down menu akan ditampilkan. The menu bar's purpose is to supply a common housing for window- or application -specific menus which provide access to such functions as opening files , interacting with an application, or displaying help documentation or manuals. Bar menu's Tujuannya adalah untuk menyediakan perumahan umum untuk jendela atau aplikasi spesifik menu-yang menyediakan akses ke fungsi seperti membuka file , berinteraksi dengan aplikasi, atau menampilkan dokumentasi help "atau manual. Menu bars are typically present in graphical user interfaces that display documents and representations of files in windows and windowing systems but menus can be used as well in command line interface programs like text editors or filemanagers where drop-down menu is activated with shortcut key or combination. Menu bar biasanya hadir dalam antarmuka pengguna grafis yang menampilkan dokumen dan representasi file dalam jendela dan sistem windowing tapi menu dapat digunakan juga dalam antarmuka baris perintah program seperti editor teks atau filemanagers mana-down menu drop diaktifkan dengan tombol shortcut atau kombinasi .

Menu bar from Mozilla Firefox . Menu bar dari Mozilla Firefox

Sumber : http://azmi-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/menu-bar.html

Scroll Bar (Baris Penggulung)

Examples of horizontal and vertical scroll bars around a text box Contoh horizontal dan vertikal scroll bar di kotak teks
A scrollbar is an object in a graphical user interface (GUI) with which continuous text, pictures or anything else can be scrolled including time in video applications, ie, viewed even if it does not fit into the space in a computer display , window , or viewport. scrollbar adalah suatu obyek dalam antarmuka pengguna grafis (GUI) dengan teks yang terus menerus, gambar atau apapun dapat menggulir termasuk waktu di aplikasi video, yaitu, dilihat bahkan jika tidak sesuai dengan ruang di sebuah layar komputer , jendela , atau viewport. It was also known as a handle in the very first GUIs. Hal ini juga dikenal sebagai pegangan dalam GUI pertama sangat.
Scrollbars are present in a wide range of electronic devices including computers, graphing calculators, mobile phones, and portable media players. Scrollbar hadir dalam berbagai perangkat elektronik termasuk komputer, grafik kalkulator, ponsel, dan portable media player. They usually appear on one or two sides of the viewing area as long rectangular areas containing a bar (or thumb ) that can be dragged along a trough (or track ) to move the body of the document as well as two arrows on either end for precise adjustments. Mereka biasanya muncul di satu atau dua sisi dari area tampilan sebagai area persegi panjang yang mengandung bar (atau thumb) yang dapat menyeret sepanjang palung (atau track) untuk memindahkan tubuh dokumen serta dua panah pada kedua ujung untuk penyesuaian yang tepat. The "thumb" has different names in different environments: on the Macintosh it is called a "scroller"; [ 1 ] on the Java platform it is called "thumb" or "knob"; Microsoft's .NET documentation refers to it as "scroll box" or "scroll thumb"; in other environments it is called "elevator", "quint", "puck", "wiper" or "grip". "Jempol" memiliki nama yang berbeda di lingkungan yang berbeda: di Macintosh itu disebut "scroller"; [1] di Jawa disebut "thumb" atau "tombol"; Microsoft. NET platform dokumentasi yang menyebutnya sebagai "gulir kotak "atau" scroll thumb ", di lingkungan lain disebut" lift "," kuint "," puck "," wiper "atau" pegangan ". Additional functions may be found, such as zooming in/out or various application -specific tools. fungsi tambahan mungkin ditemukan, seperti zoom in / out atau berbagai aplikasi spesifik alat-. The thumb can also sometimes be adjusted by dragging its ends. thumb juga kadang-kadang bisa disesuaikan dengan menyeret ujung-ujungnya. In this case it would adjust both the position and the zooming of the document, where the size of the thumb represents the degree of zooming applied. Dalam hal ini akan mengatur kedua posisi dan zooming dokumen, dimana ukuran ibu jari mewakili tingkat zoom diterapkan. A thumb that completely fills the trough indicates that the entire document is being viewed, at which point the scrollbar may temporarily become hidden. Sebuah thumb yang benar-benar mengisi melalui menunjukkan bahwa seluruh dokumen sedang dilihat, di mana titik scrollbar untuk sementara dapat menjadi tersembunyi.
Scrollbars can be seen as a computer representation of a thumb , with which you thumb through pages of documents. Scrollbar dapat dilihat sebagai representasi komputer dari ibu jari , dengan ibu jari yang Anda melalui halaman dokumen.
A scrollbar should be distinguished from a slider which is another object that works in a similar fashion, the difference being that the slider is used to change values, and does not change the display or move the area that is shown. scrollbar A harus dibedakan dari sebuah slider yang merupakan obyek lain yang bekerja dengan cara yang sama, perbedaan adalah bahwa slider digunakan untuk mengubah nilai-nilai, dan tidak mengubah tampilan atau memindahkan area yang ditampilkan.

Sumber : http://azmi-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/scroll-bar-baris-penggulung.html
 

Dasar-Dasar Penyuntingan

Ketika proses pengetikan sedang berlangsung, kita dapat menggunakan beberapa tombol keyboard berikut ini untuk menyunting teks yang sedang diketik :

~Backspace
Digunakan untuk menghapus satu karakter di sebelah kiri kursor

~Delete
Digunakan untuk menghapus satu karakter ke sebelah kana kursor

~Insert
Digunakan untuk menyisipkan karakrer baru di antara dua karakter yang telah diketik


Sumber : http://azmi-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/dasar-dasar-penyuntingan.html

Membuat Dokumen Baru

Untuk membuat dokumen baru, dapat dilakukan dengan cara berikut:

1. Klik menu File > New sehingga muncul jendela Task Pane yang menampilkan bagian New Document.
2. Setelah itu, pilihlah Blank Document untuk membuat dokumen. (Dapat juga memilih salah satu dokumen template untuk membuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan.)
Di dalam Tool Bar juga terdapat tombol New Blank Document (lihat gambar dibawah) yang befungsi untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela Task Pane.

Sebelum memulai dokumen, sebaiknya atur properti terlebih dahulu. Pengaturan properti mempengaruhi hasil cetakan. Pengaturan properti dapat dilakukan dengan menggunakan perintah File > Page Setup sehingga muncul kotak dialog Page Setup (lihat gambar dibawah). Kotak dialog ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Margins, Paper, dan Layout.

Sumber :http://azmi-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/membuat-dokumen-baru.html

Menyimpan Dokumen Baru

Menyimpan dokumen baru dalam Ms.Word adalah dengan cara:
1. Tulislah naskah di lembar kerja,
2. Pilih menu file,
3. Pilih Save-As
Lalu akan muncul kotak dialog yang ada pada layar monitor komputer.Kemudian Klik Save In,untuk memberi tahu lokasi dokumen yang akan disimpan.Untuk memberi nama atau identitas dokumen kamu harus memberinya nama atau judul dokumen yang akan dsimpan.Jangan lupa jika akan mengakhirinya kamu klik save untuk menyimpannya.



Sumber : http://azmi-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/membuat-dokumen-baru.html

Fungsi-Fungsi Menu Bar pada MS.WORD

1.Menu File, Sub Menu File

• New : Membuka dockument baru yang masih kosong
• Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
• Close : Mrenutup dokumen
• Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
• Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
• Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
• Seacrh : Mencari teks tertentu dari suatu file
• Versions : Untuk mengetahui versi Ms. Word
• Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
• Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
• Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
• Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
• Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
• Propertise : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
• Exit : menutup program Ms. word
2. Menu Edit, Sub Menu Edit
• Undo : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
• Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
• Cut : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Copy : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
• Office Clipboard : Membuka isi clipboard
• Paste : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
• Paste Spesial : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
• Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink
• Clear : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
• Select All : Untuk memblok semua isi dokumen
• Find : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
• Replace : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
• Go To : Menuju ke halaman
• Links : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
• Object : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word
3. Menu View, Sub Menu View
• Normal : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
• Web layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
• Print layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
• Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
• Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
• Toolbars : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
• Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
• Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
• Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
• Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
• Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
• Footnotes : Melihat catatan hasil footnote
• Mark up : Menampilkan toollbar markup
• Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
• Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
4. Menu Insert, Sub Menu Insert
• Break : Menentukan jenis perpindahan halaman
• Page Numbers : Memberi nomor halaman
• Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
• Autotext : Menyisipkan kata
• Field : Menyisipkan field
• Symbol : Menyisipkan symbol ke dalam teks
• Comment : Menyisipkan komentar
• Reference : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
• Web Component : Menyisipkan komponen dari web
• Picture : Menyisipkan gambar
• Diagram : Menyisipkan diagram
• Text Box : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
• File : Menampilkan toollbar markup
• Object : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
• Bookmark : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
• Hyperlink : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)
5. Menu Format, Sub Menu Format
Font : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan -
Paragraph : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif -
Bullets and Numbering : menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih -
Borders and Shading : Memberikan bingkai dan arsiran -
Columns : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom -
Tabs : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen -
Drop Cap : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph -
Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik -
Change Case : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya -
Fit Text : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat -
Background : Memberi warna latar belakang pada dokumen -
Theme : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web -
Frames : membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame -
Autoformat : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru -
Style and Formating : Mengubah style dan format -
Reveal Formating : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks -
Object : Memformat suatu objek -
6. Menu Tools, Sub Menu Tools
- Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau
paragraf dalam sebuah dokumen
- Language : menjalankan fasilitas penerjemah bahasa -
- Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
- Autosummarize : Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen – aktif
- Speech : Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya -
- Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya -
- Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya -
- Protect Document : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen -
- Online Collaboration : mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet -
- Letters and Mailings : Memuat surat melalui fasilitas wizard -
- Macro : Membuat dan menghapus macro sendiri -
- Template and add-ins : Mengatur tampilan template -
- AutoCorrect Options : Memperbaiki teks secara otomatis -
- Customize : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan -
- Options : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print, Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.
7. Menu Table, Sub Menu Table
Draw Table : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel -
- Insert : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
- Delete : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
- Select : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
- Merge Cells : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
- Split Cells : Memecah sel menjadi beberapa sel
- Split Table : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
- Table AutoFormat : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
- AutoFit : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
- Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
- Convert : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
- Sort : Mengurutkan data atau teks
- Formula : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
- Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
- Table Propertise : Menampilkan kitak dialog Table Propertise
8. Menu Window, Sub Menu Window
- New Window : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
- Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
- Split : membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
9. Menu Help, Sub Menu Help
- Microsoft Word Help : Menampilkan menu help Word -
- Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
- Office on the Web : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui internet
- Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
- Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program word
- About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan. 


Sumber : http://azmi-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/fungsi-fungsi-menu-bar-pada-msword.html

Menggunakan Table

  1. Ada beberapa cara untuk membuat table atau tabel dalam Microsoft Word, yaitu: 
  • Klik tombol Insert Table pada Standard toolbar dan tentukan jumlah baris dan kolom yang diinginkan dengan menggeser mouse.
  • Menggunakan tombol Tables and Borders dari Standar toolbar. Klik tombol Insert Table pada toolbar untuk menampilkan kotak dialog Insert Table.
  • Atau dari menu Table klik Insert dan pilih Table untuk menampilkan kotak dialog Insert Table.
    2 . Tentukan jumlah kolom tabel pada Number of columns.
    3 . Tentukan jumlah baris tabel pada Number of rows.
    4 . Klik OK, maka akan muncul sebuah tabel.

Menambah Kolom atau Baris Baru
Ada beberapa cara untuk menambah kolom atau baris baru, yaitu:
1 . Klik kolom atau baris yang ingin Anda tambahkan. Pada menu Table pilih Insert dan tentukan pilihan:
  • Columns to the Left (menyisipkan kolom di sebelah kiri)
  • Columns to the Right (menyisipkan kolom di sebelah kanan)
  • Rows Above (menyisipkan baris di sebelah atas)
  • Rows Below (menyisipkan baris di sebelah bawah)
  • Klik tombol Tables and Borders dari Standar toolbar dan klik tombol Draw table. Kemudian klik dan geser mouse untuk membuat garis di antara kolom atau baris.
Tip:
  • Untuk menyisipkan sejumlah baris atau kolom dengan cepat, pilih kolom atau baris sejumlah yang Anda ingin sisipkan kemudian gunakan cara di atas.
  • Anda juga dapat menekan tombol TAB di baris terakhir table untuk menambah baris baru secara cepat.

Menghapus Kolom, Baris, Sel atau Tabel

Ada beberapa cara, yaitu:
1 . Dari menu Table pilih Delete. Kemudian tentukan pilihan Anda, apakah Anda akan menghapus kolom (Columns), baris (Rows), sel (Cells) atau tabel (Table). Bila Anda ingin menghapus sel (Cells), klik pilihan yang Anda inginkan. Anda juga dapat menggunakan klik kanan untuk menampilkan kotak dialog Delete Cells.
2 . Klik tombol Tables and Borders dari Standar toolbar dan klik tombol Eraser. Kemudian klik pada garis-garis tabel untuk menghapus.

Menggabungkan dan Membagi Sel dalam Tabel
1 . Ada beberapa cara menggabungkan sel-sel dalam tabel:
  • Pilih sel-sel tersebut kemudian dari menu Table pilih Merge Cells.
  • Pilih sel-sel tersebut kemudian pada Tables and Borders toolbar klik tombol Merge Cells.
  • Pilih sel-sel tersebut kemudian klik kanan dan pilih Merge Cells.
2 . Membagi sel:
  •  Pada menu Table pilih Split Cells untuk memunculkan kotak dialog Split Cells. Ketik jumlah kolom atau baris yang ingin dibagi, kemudian klik OK.
  • Anda juga dapat memunculkan kotak dialog Split Cells dengan mengklik kanan dan pilih Split Cells. Atau pada Tables and Borders toolbar klik tombol Split Cells.

Membuat Table Heading Berulang
Saat menggunakan tabel yang sangat panjang, maka baris-baris tabel akan bersambung ke halaman berikutnya. Sehingga judul kolom atau table heading hanya ada di halaman pertama tabel saja. Anda dapat mengatur supaya table heading tetap muncul pada saat Anda berpindah ke halaman baru dengan cara berikut ini:
1 . Pilih baris heading (harus termasuk baris pertama pada tabel).
2 . Pada menu Table, pilih Heading Rows Repeat.
Perlu diingat: Table heading berulang hanya ada di print layout view atau ketika Anda mencetak dokumen tersebut. Table heading berulang tidak akan muncul bila Anda melakukan page break manual dalam table.

Menyisipkan Teks di atas Tabel
Gunakan cara ini untuk menyisipkan teks di atas tabel yang berada di baris pertama dalam halaman pertama dokumen:
1 . Klik sel pada atas kiri baris pertama table, kemudian tekan ENTER. Bila terdapat teks pada sel tersebut, maka tempatkan kursor di samping kiri teks.
2 . Tabel akan turun satu baris ke bawah dan Anda dapat mengetikkan teks yang Anda inginkan.

Mengatur Pemisahan Baris dalam Tabel
1 . Mencegah pemisahan isi baris dalam tabel
Microsoft Word akan secara otomatis memisahkan isi baris tabel yang panjang ke halaman berikutnya bila baris tersebut terletak di akhir halaman. Anda dapat mencegah hal ini dengan menggunakan cara berikut:
  •  Klik kanan dalam tabel dan pilih Table Properties.
  • Pada tab Row, hilangkan pilihan pada Allow row to break across pages dan klik OK.
2 . Memisahkan tabel ke halaman selanjutnya pada baris tertentu
  • Klik pada baris yang ingin anda tempatkan di halaman berikutnya.
  • Tekan CTRL + ENTER.

    Sumber : http://azmi-9b-smpn15bdg.blogspot.com/2012/08/menggunakan-table.html